KOMPONEN PERSIAPAN MENGAJAR
PEMBELAJARAN TERPADU MODEL JARING LABA-LABA
(WEBBED)
Identitas
Tema :
Budi Pekerti
Mata Pelajaran : IPS
PKN
IPA
Kelas/Semester : I/1
Waktu : 6 x 25 menit (3 kali
pertemuan)
Hari, tanggal :
A.
Tahap
Perencanaan
1.
Standar
Kompetensi
IPS
1.
Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
PKN
2.
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan.
IPA
3. Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
2.
Kompetensi
Dasar
IPS
1.1 Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
PKN
1.1
Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
IPA
1.1 Membedakan lingkungan
sehat dan tidak sehat.
3.
Indikator
1. Menyebutkan
contoh sikap hidup rukun dalam keluarga.
2. Menunjukkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah.
3. Menyebutkan
lingkungan sehat dan tidak sehat.
4.
Tujuan
Pembelajaran
IPS
1. Melalui
diskusi kelompok dan wawancara siswa dapat menyebutkan sikap hidup rukun dalam
keluarga.
PKN
2. Setelah
melakukan wawancara siswa dapat menunjukkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
IPA
3. Dengan
menggunakan gambar siswa dapat menyebutkan lingkungan sehat dan tidak sehat.
5.
Alat-alat bantu yang dibutuhkan
selama pembelajaran, yaitu: buku pelajaran kelas I, gambar, alat tulis: buku
tulis, pensil.
6.
Langkah-langkah
pembelajaran
a. Guru
mengarahkan siswa untuk menentukan tema. Tema pembelajaran yang diharapkan
muncul adalah budi pekerti.
b. Guru
melakukan curah pendapat dengan siswa untuk mengembangkan subtema-subtema.
Subtema yang diharapkan muncul adalah sebagai berikut.
![]() |
c. Guru
mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok sesuai dengan minat siswa.
d. Jumlah
anggota kelompok belajar diusahakan seimbang.
e. Kelompok
belajar membuat kontrak belajar.
Kelompok
|
Cempaka
|
Tujuan
|
Siswa dapat
menyebutkan sikap hidup rukun dalam keluarga.
|
Rencana Kerja
|
a.
Siswa memilih ketua kelompok.
b.
Ketua kelompok membagi tugas kepada anggota
kelompok.
c.
Siswa melakukan wawancara mengenai sikap rukun
dalam keluarga
d.
Siswa melakukan diskusi kelompok mengenai sikap
rukun dalam keluarga
e.
Siswa mencatat hasil diskusi dan hasil wawancara
f.
Siswa menyampaikan hasil laporan kegiatan di depan
kelas.
g.
Siswa memberikan kesempatan kepada kelompok lain
untuk memberikan komentar dan bertanya mengenai hal-hal yang belum
dimengerti.
|
Sumber Belajar
|
Buku
Paket kelas I dan Orang tua sebagai narasumber
|
Kelompok
|
Matahari
|
Tujuan
|
Siwa dapat
menunjukkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
|
Rencana Kerja
|
a.
Siswa memilih ketua kelompok.
b.
Ketua kelompok membagi tugas kepada anggota
kelompok.
c.
Siswa melakukan wawancara mengenai sikap hidup
rukun di rumah dan di sekolah.
d.
Siswa mencatat hasil wawancara
e.
Siswa menyampaikan hasil laporan kegiatan di depan
kelas.
f.
Siswa memberikan kesempatan kepada kelompok lain
untuk memberikan komentar dan bertanya mengenai hal-hal yang belum
dimengerti.
|
Sumber Belajar
|
Orang
tua dan guru sebagai narasumber
|
Kelompok
|
Melati
|
Tujuan
|
Siswa dapat
menyebutkan lingkungan sehat dan tidak sehat.
|
Rencana Kerja
|
a.
Siswa memilih ketua kelompok.
b.
Ketua kelompok membagi tugas kepada anggota
kelompok.
c.
Siswa melakukan pengamatan tentang lingkungan
sehat dan tidak sehat.
d.
Siswa mencatat hasil pengamatan.
e.
Siswa menyampaikan hasil laporan kegiatan di depan
kelas.
f.
Siswa memberikan kesempatan kepada kelompok lain
untuk memberikan komentar dan bertanya mengenai hal-hal yang belum
dimengerti.
|
Sumber Belajar
|
Melakukan
pengamatan pada lingkungan dan gambar yang telah disediakan.
|
f.
Kelompok belajar melakukan sharing
(berbagi pendapat) atas kontrak belajar yang telah dibuat dengan kelompok lain.
B. Tahap Pelaksanaan
1.
Pengelolaan
kelas
a.
Guru mengatur tempat duduk siswa.
b.
Guru menyiapkan alat bantu pembelajaran.
c.
Siswa dalam kelas dibagi menjadi tiga
kelompok sesuai dengan konsep yang akan dibahas. Setiap kelompok membahas satu
konsep.
d.
Guru membimbing, memfasilitasi,
mengarahkan, dan memandu melaksanakan aktivitas belajar yang telah dirancang.
2.
Kegiatan
Pembelajaran
a. Siswa
secara berkelompok menyusun rancangan aktivitas belajar dengan bimbingan guru.
b.
Siswa secara berkelompok mengerjakan
tugas sesuai dengan konsep belajar yang telah ditentukan.
c.
Siswa melakukan diskusi dengan teman
kelompok tugas sesuai dengan tugas masing-masing kelompok.
d.
Setiap
kelompok siswa menganalisis tugasnya.
e.
Siswa menyusun laporan hasil diskusi.
f.
Guru sebagai fasilitator pada saat
pembelajaran berlangsung.
g.
Guru melaksanakan penilaian proses yang
berpedoman pada lembar observasi pada saat pembelajaran berlangsung.
C. Kulminasi
1. Penyajian
Laporan
a. Siswa
menyampaikan hasil laporan ke depan kelas.
b. Guru
memberikan penguatan kepada setiap kelompok.
2. Hasil
kerja kelompok dipajang di kelas untuk dipelajari oleh kelompok lain.
3. Evaluasi
a. Evaluasi
Proses (Observasi)
b. Lembar Pengamatan/Observasi Aspek
Afektif
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Kedisiplinan
|
Keberanian
|
|||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian
Keaktifan
4
= Sangat aktif berpartisipasi dalam kerja
kelompok selama proses pembelajaran.
3
= Aktif berpartisipasi dalam kerja
kelompok selama proses pembelajaran.
2
= Kurang aktif berpartisipasi dalam kerja
kelompok selama proses pembelajaran.
1
= Tidak aktif berpartisipasi dalam kerja
kelompok selama proses pembelajaran.
Kedisiplinan
4 = Sangat disiplin dalam mengerjakan tugas
kelompok.
3 = Disiplin dalam
mengerjakan tugas kelompok.
2 = Kurang disiplin
dalam mengerjakan tugas kelompok.
1 = Tidak disiplin
dalam mengerjakan tugas kelompok.
Keberanian
4 = Sangat berani dalam mengemukakan pendapat
selama proses pembelajaran.
3 = Berani dalam mengemukakan pendapat selama
proses pembelajaran.
2 = Kurang berani dalam mengemukakan pendapat
selama proses pembelajaran.
1 = Tidak berani dalam mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran.
Skor Maksimal = 12
Lembar Pengamatan/Observasi Aspek
Psikomotor
|
|
Aspek
yang dinilai
|
||
No.
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
melakukan pengamatan
|
Keterampilan
melakukan wawancara
|
Keterampilan
menyampaikan hasil diskusi
|
|
|
![]() ![]() ![]() |
![]() ![]() ![]() |
![]() ![]() ![]() |
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
Keterampilan melakukan pengamatan
4
= Sangat terampil melakukan pengamatan.
3
= Terampil melakukan pengamatan.
2
= Kurang terampil melakukan pengamatan.
1
= Tidak terampil melakukan pengamatan.
Keterampilan melakukan wawancara
4
= Sangat terampil melakukan wawancara.
3
= Terampil melakukan wawancara.
2
= Kurang terampil melakukan wawancara.
1
= Tidak terampil melakukan wawancara.
Keterampilan menyampaikan hasil
diskusi
4
= Sangat terampil menyampaikan hasil diskusi.
3
= Terampil menyampaikan hasil diskusi.
2
= Kurang terampil menyampaikan hasil diskusi.
1
= Tidak terampil menyampaikan hasil diskusi.
Skor Maksimal = 12
c.
Evaluasi hasil: Guru melakukan penilaian
hasil belajar siswa baik secara kelompok maupun individu.
Soal
Jawablah soal berikut ini dengan
tepat dan benar!
1. Sebutkanlah
sikap hidup rukun dalam keluargamu!
2. Diskripsikanlah
bagaimana hidup rukun di sekolah dan di rumah!
3. Jelaskanlah
dan berikan contoh bagaimana lingkungan sehat dan tidak sehat!
Penilaian
Nomor
Soal
|
Skor
|
Keterangan
|
1
|
4
0
|
Apabila jawaban benar.
Apabila jawaban salah/kurang tepat.
|
2
|
6
0
|
Apabila jawaban benar.
Apabila jawaban salah/kurang tepat.
|
Total Skor
|
10
0
|
Apabila jawaban benar semua.
Apabila jawaban salah semua.
|
Total Skor = Skor proses + Skor
hasil
SKor Maksimal = 24 + 10 = 34

Kunci Jawaban
1.
Saling tolong menolong, saling berbagi,
membantu sesama anggota keluarga, dan saling menghormati
2.
Hidup rukun disekolah adalah saling
membantu antar sesama, menghormati guru atau orang yang lebih tua, mau
mendengarkan pendapat teman, saling berbagi kepada teman yang membutuhkan. Hidup
rukun di rumah Saling tolong menolong, saling berbagi, membantu sesama anggota
keluarga, dan saling menghormati, patuh kepada perintah orang tua.
3. Lingkungan
sehat : udara yang sejuk, tidak ada sampah berserakan, airnya jernih,
lingkungannya bersih.
Lingkungan
tidak sehat : banyak sampah dan lalat, air yang kotor, banyak polusi, tumbuhan
gersang.

tengkiuuu
BalasHapus